“Sayur Sop” semua kebutuhan gizi ada di sini lho…

 Sayur pasti menjadi rekomendasi setiap dokter atau ahli gizi untuk menjaga nutrisi maupun vitamin dalam tubuh karena mengandung banyak gizi. Salah satunya adalah sayur sop, sayur yang terdiri dari berbagai macam bahan dan rempah ini selain enak juga merupakan gudang gizi dari berbagai macam bahan itu sendiri. Sayur sop terdiri dari wortel, kentang, daun kol, kembang kol, tomat, seledri dan rempah rempah.

Berikut ini gizi yang terkandung pada masing-masing bahan sayur sop :
Wortel : baik untuk kesehatan mata, kaya akan vitamin A, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, vitamin C, vitamin E dan beta karoten yang terlihat dari warna orange-nya. Selain untuk kesehatan mata wortel ini juga mampu mencegah serangan jantung karena akan mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

Kentang : potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.

Daun & kembang Kol : kol mengandung senyawa anti kanker dan merupakan sumber vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur. Kandungan serat kasar pada kol sangat tinggi sehingga dapat memperkecil resiko penyakit kanker lambung dan usus.

Tomat : buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat lycopene yang tekandung dalam tomat juga membantu tubuh memerangi radikal bebas sebagai antioksidan.

Seledri : daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Natrium dalam daun seledri berfungsi untuk melarutkan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal. Seledri juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu untuk menambah rasa-nya sayur sop juga ditambah dengan bumbu rempah-rempah yang kaya akan berbagai macam kasiat lainnya. Jadi jika ingin menjaga gizi dalam tubuh dan ingin juga yang mempunyai rasa lezat, sayur sop adalah jawabannya…


Artikel Terkait:

5 Response to "“Sayur Sop” semua kebutuhan gizi ada di sini lho…"

  1. satu piring, sudah tersedia banyak gizinya

    madesu says:

    Pesen satu porsi

    astaga..
    Baru saja makan ini
    selain enak, banyak manfaatnya juga..

    Kayak gado2 yach sobb..

    laazzziiieeeezzzz..

Posting Komentar