Murbei, makanan ulat sutera yang mengandung banyak khasiat


Murbei, adalah jenis tanaman yang jarang ditemui di Indonesia. Tanaman ini berasal dari China, tanaman murbei dibudidayakan untuk diambil daunnya sebagai makanan ulat sutera. Tanaman ini terkadang banyak tumbuh liar. Buah yang muda berwarna hijau, yang tua berwarna merah dan rasanya asam. Yang sudah matang berwarna hitam dan manis. Ukuran buahnya pun hanya sebesar ujung jari kelingking.

Selain untuk makanan ulat sutera ternyata daun murbei yang masih muda enak disayur dan berkhasiat untuk meluruhkan kentut, peluruh keringat, peluruh kencing, mendinginkan darah, pereda demam, penerang penglihatan, penurun tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes mellitus, memperbanyak air susu ibu (ASI), mengatasi gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, sakit kulit, kaki gajah, sakit kepala, batuk, demam, dan malaria. Selain itu daun murbei juga dapat dipakai untuk luka pada kulit, digigit ular atau serangga dengan cara ditumbuk dan dioleskan ke bagian yang terluka.

Buahnya murbei sangat bermanfaat untuk memperkuat ginjal, meningkatkan sirkulasi darah, mengatasi sukar tidur, batuk berdahak, pendengaran kurang, sembelit pada orang tua, sakit tenggorokan, sakit otot dan kurang darah. Kulit akarnya untuk obat sesak napas (asma), muka bengkak, kencing nyeri dan sakit gigi. Sedang rantingnya untuk mengatasi rematik, sakit pinggang, kram, tekanan darah tinggi dan menyuburkan pertumbuhan rambut.


Artikel Terkait:

3 Response to "Murbei, makanan ulat sutera yang mengandung banyak khasiat"

  1. Wahh..

    Kebetulannya saya ini sedank sakit gigi tapi di mana nemunya nich buah begini sobb..??

    selain buat hewan ternyata buat manusia juga bisa ya sob

    Anonim says:

    rasanya emang amnep tuh buah murbei !
    daunnya juga sob kalo dibuat teh bisa berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit

Posting Komentar